Sabtu, 28 April 2012

Description Text

Description Text

Teks deskriptif ( descriptive text ) adalah teks yang mendeskripsikan atau menggambarkan bentuk, ciri atau sifat benda, hewan, tumbuh-tumbuhan,  manusia atau peristiwa tertentu yang khusus, misalnya seekor jerapah yang hidup di kebun binatang Ragunan, bunga melati di halaman rumahku, atau Dodi temanku yang paling gemuk.
Descriptive text memiliki kerangka atau struktur  ( generic structure ) sebagai berikut.
1.  Identification: memperkenalkan benda,  hewan, tumbuhan, atau seseorang yang akan dideskripsikan.
2.  Description: menceritakan bagian per bagian dari objek yang kita deskripsikan, misalnya  penggambaran dimulai dengan menceritakan bentuk fisiknya, kemudian ciri-ciri khusus, kualitas, sifat, dan tingkah laku benda, hewan, tumbuhan, atau seseorang yang dideskripsikan.
Penting untuk diperhatikan bahwa descriptive text memiliki bentuk dan ciri yang hampir sama dengan report text. Descriptive text menceritakan sesuatu atau objek yang sifatnya khusus (specific) sedangkan report text menceritakan sesuatu atau objek yang sifatnya umum (general).
Untuk membedakan sifat khusus dan umum, mari kita perhatikan contoh di bawah ini.
Deskripsi secara khusus (specific) untuk descriptive text
- Saya mempunyai dua buah pesawat televisi. Salah satunya adalah hadiah ulang tahun dari Paman. Ia membelinya dari Singapura. TV tersebut berlayar datar dan bisa merekam acara-acara yang saya gemari.
Pada contoh di atas saya hanya menceritakan TV saya yang baru hadiah dari Paman. Saya tidak bercerita tentan TV yang lain atau TV-TV pada umumnya.
Deskripsi secara umum (general) untuk report text
Televisi  atau TV adalah alat komunikasi canggih yang berbentuk gambar dan suara yang menyiarkan informasi dari seluruh dunia dan masuk ke jutaan rumah.
Pada contoh di atas saya menceritakan televisi secara umum. Oleh karena itu, report text biasanya dibuka dengan sebuah paragraf yang merupakan sebuah definisi. Sekarang lebih jelas, bukan? Itulah perbedaan antara descriptive text dengan report text.
Oke, kita kembali ke topic descriptive text.
Tujuan (the purpose) descriptive text ialah memberikan informasi atau gambaran benda, hewan, tumbuhan, atau seseorang yang dideskripsikan secara khusus.
Kata kerja (tense) yang digunakan biasanya present simple tense. Akan tetapi bisa juga menggunakan past simple tense, jika benda yang dideskripsikan sudah tidak ada.
Untuk lebih jelas, perhatikan contoh descriptive text di bawah ini! (paragraf berwarna biru adalah identification sedangkan paragraf berwarna merah adalah description)

Mr. Pambudi is a Veterinarian

Mr. Pambudi, my new neighbor, is a well-known veterinarian in our city.
He is a person who has studied to be a doctor of animals. He takes care of animals’ health. Many pet owners use his services to help them take care of their pets.
He takes care of cats and other small animals. Sometimes, he takes care of larger animals such as horses, cows.
If you have a pet at home, your pet has probably seen Mr. Pambudi. He can help you decide what kinds of food your animals should eat, what shots your pet will need, and how you should take care of your animals. It is important to take your pet to see Mr. Pambudi to make sure it stays healthy.
(Sumber: Let’s Talk IX: 194)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar